6.12.10

Artikel: "Musik dan Islam di Amerika"

Berbicara tentang Islam di Negeri Paman Sam ini tidak selalu berujung kebencian. Oke, memang kita sering kali mendengar tentang tuduhan-tuduhan yang salah terhadap Islam oleh orang-orang Amerika yang anti Muslim. Segelintir manusia di Amerika. Tetapi Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam pidatonya pada 4 Juni 2009 di Kairo, Mesir mengatakan: “So let there be no doubt: Islam is a part of America.” . Ditambahkan lagi dalam pidatonya kalau Islam merupakan bagian dari sejarah Amerika. Bahkan, percaya atau tidak, sebuah sumber mengatakan kalau populasi Muslim di Amerika melampaui Yahudi.

Masuk lebih dalam lagi mengenai Muslim di Amerika. Kali ini berhubungan dengan sebuah kelompok atau komunitas musik Hip Hop. Mungkin untuk sebagian orang, musik yang mayoritas dibawakan oleh orang-orang berkulit hitam ini identik dengan cacian. Pemikiran itu silahkan dibuang jauh-jauh, karena ini bukan Hip Hop biasa. Penasaran?

Terbentuk pada tahun 2001, kelompok yang menyebut dirinya Remarkable Current ini terdiri dari musisi, penulis dan produser yang berkumpul bukan hanya didasari kecintaan mereka terhadap musik dan seni, tetapi juga karena mereka semua adalah Muslim Amerika. Ya, kita berbicara tentang Hip Hop Islami.

Diawali dari sekedar ‘nongkrong’ di basement hingga berkolaborasi dengan berbagai macam artis dan aktifis dengan tujuan yang sama: ingin secara kreatif membentuk identitas Muslim Amerika dan mempertunjukkan kepada dunia. Kalau di tahun 1955 ada yang namanya Jazz Ambassadors yang berisi musisi-musisi Jazz dari penjuru Amerika, Remarkable Current adalah Hip Hop Ambassadors-nya. Bedanya, musik mereka membawa pesan-pesan Islami serta melawan segala pemikiran negatif tentang Islam.

Remarkable Current dibentuk dan diproduseri oleh Anas Canon (yang juga seorang DJ), salah satu dari 500 Muslim paling berpengaruh di dunia dalam edisi pertama sebuah publikasi The Prince Alwaleed Bin Talaal Center for Muslim-Christian Understanding dari Georgetown University, yang telah bekerja sama dengan ratusan artis berbakat dan merilis lebih dari sepuluh album selama hampir satu dekade!

Setelah tur beberapa Negara seperti Moroko, Tanzania, Mesir, Mali, Turki dan Palestina sukses besar, Remarkable Current memperluas jajahannya ke Indonesia. Dengan undangan dari Kedutaan Amerika Serikat bersama-sama dengan Asosiasi Alumni Amerika (AAA), mereka akhirnya mendaratkan kakinya di kota Padang pada 25 September lalu. Kemunculan ‘geng’ ini selama dua hari bukan sekedar untuk promosi, tetapi sekaligus memperingati satu tahun gempa hebat yang mengguncang Sumatra Barat pada 30 September 2009.

Acara dimulai dengan konser yang disambut dengan meriah, kemudian lanjut silaturahmi konsulat AS dengan AAA bertempat di Lapau Gadang Padang. Selain Padang, Remarkable Current juga singgah ke kota-kota lain di Indonesia yakni Jakarta, Medan dan Surabaya dengan harapan dapat mempererat hubungan antara Amerika dan Indonesia.

No comments:

Post a Comment